Pages

Sunday, March 3, 2013

penghargaan buat kotaku

Penghargaan untuk kotaku tercinta

Rabu, 09 Juni 2010

Bertepatan dengan perayaan Hari Jadi ke-92 kotaku tercinta, ada kado yang sangat istimewa. Kado itu berupa Piala Adipura, Piala Wahana Tata Nugraha dan Sertifikat Calon Adiwiyata Tingkat Nasional. Penghargaan berupa Piala Adipura dan Sertifikat Calon Adiwiyata itu diserahkan langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada hari Selasa kemarin, tanggal 8 Juni 2010. Sementara Piala Wahana Tata Nugraha kabarnya baru akan diserahkan pada pertengahan bulan ini.

Alhamdulillah, pada tahun 2010 ini Madiun kembali berhasil mendapatkan Piala Adipura untuk keenam kalinya dalam kategori Kota Sedang. Piala Adipura adalah bentuk penghargaan yang diberikan untuk kota-kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura diselenggarakan oleh Kementrian Negara Lingkungan Hidup.

Penilaian Adipura untuk kota-kota di Indonesia dibagi dalam 4 kategori yang berdasarkan jumlah penduduk, yaitu:
  • Kota Metropolitan (lebih dari 1 juta jiwa)
  • Kota Besar (500.001 - 1.000.000 jiwa)
  • Kota Sedang (100.001 - 500.000 jiwa)
  • Kota Kecil (sampai dengan 100.000 jiwa)
Sementara Adiwiyata adalah salah satu program dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup yang bekerja sama dengan Departemen Pendidikan Nasional. Program ini berupaya mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah dapat ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif. Dalam mewujudkan Program Adiwiyata telah ditetapkan 4 (empat) indikator yaitu :
  1. Pengembangan Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan
  2. Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan
  3. Pengembangan Kegiatan Berbasis Partisipatif
  4. Pengembangan dan atau Pengelolaan Sarana Pendukung Sekolah Yang Ramah Lingkungan
Adapun bentuk penghargaan sebagai berikut:
  • Sertifikat untuk Calon Sekolah Adiwiyata diberikan bagi sekolah yang dapat memenuhi 4 indikator Adiwiyata di tahun pertama.
  • Trophy perak untuk Sekolah Adiwiyata diberikan bagi sekolah yang telah mengembangkan 4 indikator Adiwiyata di tahun kedua dan tahun ketiga.
  • Trophy emas untuk Sekolah Adiwiyata Mandiri dari Presiden RI diberikan bagi sekolah yang selama 3 tahun berturut-turut telah menunjukkan perkembangan kinerja 4 indikator Adiwiyata secara konsisten.
Pada tahun 2010 ini adalah kali pertama Kota Madiun menerima penghargaan itu, yang masih berupa Sertifikat Calon Adiwiyata Tingkat Nasional yang diterima oleh SMPN 7 Madiun. Semoga saja penerimaan Sertifikat Calon Adiwiyata ini dapat mendorong Kota Madiun, khususnya sekolah-sekolah, untuk mampu meraih penghargaan Adiwiyata maupun Adiwiyata Mandiri di tahun-tahun yang akan datang.

Hari ini, Rabu 9 Juni 2010 dilaksanakan upacara penyerahan Piala Adipura dan Sertifikat Calon Adiwiyata dari Walikota Madiun kepada Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan serta Kepala SMPN 7 Madiun. Selanjutnya Piala Adipura dan Sertifikat Calon Adiwiyata itu dikirab keliling Kota Madiun.

Keberhasilan Kota Madiun tahun ini juga diikuti oleh kota-kota lainnya di Jawa Timur. Bahkan Provinsi Jawa Timur mengukuhkan diri sebagai provinsi dengan penghargaan lingkungan hidup terbanyak tahun 2010, dengan rincian : 31 piala Adipura, dua piagam Adipura, empat Kalpataru. Sementara itu, dari total 129 penghargaan Adiwiyata yang diperebutkan secara nasional, sebanyak 42 sekolah di Jatim mendapatkan 42 penghargaan dengan perincian : 14 sekolah calon Adiwiyata, 19 sekolah Adiwiyata, dan 9 sekolah Adiwiyata mandiri.

Semoga kotaku semakin bersih di tahun-tahun yang akan datang. Amin.

0 comments:

Post a Comment